Selasa, 21 Oktober 2008

Konser di hamburg

Tanggal 30 Mei 2008, saat yang bersejarah: Slank konser di Jerman untuk pertama kalinya. Jelas gue udah pesan tiket jauh-jauh hari. Gue berencana nonton bareng Simon, mahasiswa Jerman yang pernah ikut program pertukaran ke Indonesia. Bremen-Hamburg bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan menggunakan kereta. Tapi kereta terakhir dari Hamburg adalah jam 11 malam, padahal konsernya baru mulai jam 10. Jadi gak ada jalan lain, harus nginep di Hamburg. Untuk itu, Simon mengajak Jan, temannya yang tinggal di Hamburg untuk ikut nonton dan supaya kami punya tempat untuk bermalam. Jadilah gue pesen tiket buat 3 orang.
Tapi ternyata, ada seorang temannya Simon lagi di Hamburg, Sonia, yang ingin ikutan nonton. Padahal dua orang ini adalah orang Jerman yang belum pernah dengar musik Indonesia sekali pun!!! Ya sudahlah, asik aja bisa pergi rame-rame nonton Slank. Masalahnya, 300 tiket yang dicetak sudah habis terjual alias sold out . Jadi nasib Sonia untuk bisa ikut nonton, rada-rada gak jelas.
Saat kami berempat sampai di cafe Indra, tempat konser Slank yang dulunya merupakan tempat Beatles pertama kali konser, antrian panjang untuk masuk cafe sudah dimulai. Gue coba tanya ke teman yang jadi panitia untuk tambahan satu tiket, tapi katanya gak janji. Mereka harus lihat seberapa padat tempatnya, baru bisa memutuskan untuk menjual tambahan tiket atau tidak. Maklum saja, tempatnya tertutup, jadi kalau terlalu padat, ya gak bener juga. Nanti kalau terjadi apa-apa kan evakuasinya repot.
Ya sudah, kami menunggu saja. Sampai akhirnya gue ngeliat Massto di depan cafe lagi ngerekam penonton yang antri mau masuk. Spontan, gue langsung datengin dan nyapa. Setelah say hi , gue langsung tanya soal tambahan tiket dan menjelaskan duduk perkaranya. Diluar dugaan, Massto mengusulkan supaya gue menyerahkan tiket ke Sonia biar dia bisa masuk. Dan gue... bisa masuk ke dalam bareng Massto lewat backstage !!! Aduuuuuuh enaknya jadi anak SCC...!!!
Begitu nongolin kepala di backstage , Bunda langsung menyambut hangat, diikuti Slank dan orang-orang PuBi lainnya. Senangnya, serasa ketemu keluarga sendiri. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, Ivan memasrahkan handycam nya ke gue. Dia minta supaya gue ngerekam konser. Tadinya gue rada-rada ragu, gak yakin bakal bisa ngerekam dengan baik. Apalagi kalo gue sibuk nyanyi dan lompat-lompat, apa jadinya tuh rekaman?? Tapi terus gue keinget Simon dan memutuskan untuk menugaskan dia merekam. Dan keputusan gue gak salah, karena Simon bangga banget bisa dikasih kepercayaan megang kameranya Ivan. Dia bahkan ‘pamer' ke penonton-penonton lain!!!
Konser dibuka oleh penampilan Sandy Sandhoro, orang Indonesia yang jadi finalis kontes nyanyi di TV Jerman. Lagu-lagunya sebagian besar Bahasa Inggris. Dan jam 10 malam waktu Hamburg, Slank tampil di panggung. Seluruh penonton yang memadati cafe langsung histeris. Lagu ‘Piss' mengudara. Penonton serentak mengacungkan 2 jari tanda peace . Mereka bernyanyi, berteriak, melompat... heboh!!! Lagu kedua ‘Bang Bang Tut'. Penonton semakin menggila. Beberapa mulai moshing dan teriakan histeris makin sering terdengar. Party dimulai!!!
Slank menampilkan sebagian besar lagu-lagu lamanya dan beberapa lagu baru berbahasa Inggris yang bakal segera rilis. Semuanya disambut penonton dengan antusias. Ruangan tertutup bikin penonton mandi keringat. Slank, kecuali Ivan, sampai harus buka baju.
Waktu lagu ‘Orkes Sakit Hati', Slank meminta 5 perempuan untuk joget bareng di panggung. Serentak, cewek-cewek yang berdiri di depan panggung langsung loncat ke atas panggung bahkan cowok-cowoknya juga!!!
Konser 1,5 jam ini ditutup dengan lagu ‘Kamu Harus Pulang'. Saat berterima kasih kepada semua pihak, Kaka bilang bahwa Hamburg adalah konser terkeren mereka selama tur di Eropa kali ini!!! Yeah, we rock !!!

Tidak ada komentar: